Friday, 10 October 2014

Nih Laporan Prakerin di 2 Tempat :)

PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN) PADA PT.PLN (PERSERO) APJ SUMEDANG  DAN YAYASAN PENDIDIKAN SEBELAS APRIL (YPSA) SUMEDANG

LAPORAN
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Mengikuti ujian Sidang Kelulusan Prakerin

Oleh
EGI GINANJAR
12131275


 Lambang sekolah


 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)  INFORMATIKA
SUMEDANG

2014


LEMBAR PENGESAHAN

Disetujui dan disahkan oleh :
Pembimbing Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang,


Ardi Hidayat, S.E
     Pembimbing PT.PLN (Persero) Area Sumedang,


Rasmono
          Pembimbing Sekolah,


Dedi, S.Pd

Mengetahui,
Kepala SMK Informatika Sumedang


E. Sulyati, Dra., M.Pd.


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Prakerin (Praktik Kerja Industri) ini. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Prakerin ini diajukan sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan Prakerin dan untuk mengikuti sidang Prakerin. Kegiatan Prakerin untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri, untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan luar sekolah yaitu dunia kerja di Perusahaan PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang.
Ucapan terima kasih penulis di sampaikan kepada :
1.   Ibu E. Sulyati, Dra., M.Pd. salaku Kepala Sekolah SMK Informatika Sumedang yang telah membina SMK Informatika sampai saat ini.
2.   Bapak Dedi, S.Pd selaku Pembimbing dari Sekolah yang telah membimbing penulis menyelesaikan Laporan Prakerin ini.
3.   Ibu Deti Miratania selaku Pembimbing dari PT.PLN (Persero) Area Sumedang  yang telah membimbing dan memberikan pengarahan kerja pada saat Prakerin.
4.   Bapak Ardi Hidayat, S.E selaku  Pembimbing dari Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang yang telah membimbing dan memberikan pengarahan kerja pada saat Prakerin.
5.   Kedua orang tua yang telah memberikan izin, restu beserta do’a kepada penulis sehingga penulis mendapat kelancaran dalam pelaksanaan Prakerin.
6.   Serta teman-teman semua yang telah menemani hai-hari penulis dalam Prakerin.
Penulis berharap semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat menjadi titik tolak penulis untuk menjadi lebih maju dan bersungguh-sungguh. Penulis juga berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, Amin.
Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan terdapat dalam laporan ini.
Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat penulis harapkan, demi kesempurnaan laporan ini.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Sumedang, September 2014


                                                                                                                  Penulis





DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................  i
KATA PENGANTAR......................................................................................... ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................  iv
DAFTAR LAMPIRAN ......................................................................................  vi

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ................................................................................................  1  
1.2  Tujuan .............................................................................................................  2
1.3  Waktu............................................................................................................... 3

BAB II GAMBARAN UMUM TEMPAT PRAKERIN
2.1  Sejarah Singkat Tempat Prakerin ..................................................................... 4
2.2  Visi, Misi dan Motto Tempat Prakerin ............................................................. 7
  2.3  Struktur Organisasi ......................................................................................... 12

BAB III URAIAN KEGIATAN PRAKERIN
3.1 Uraian Kegiatan .............................................................................................. 14
3.2 Permasalahan ................................................................................................... 17
3.3 Pemecahan Masalah ........................................................................................ 18

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan ...................................................................................................  19
4.2  Saran .............................................................................................................  20
LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada saat ini sekolah kami dituntut untuk dapat lebih memahami teori yang didapat selama KBM di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja yaitu di sebuah DU/DI.
Oleh karena itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan terutama di SMK Informatika Sumedang. Pada awal semester satu kelas XII ini siswa SMK Informatika Sumedang di wajibkan untuk mengikuti Prakerin (Praktik Kerja Industri).
Dimana dengan adanya Prakerin siswa dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.
Kegiatan Prakerin ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK Informatika Sumedang, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja di sebuah Perusahaan.
Maka dari itu penulis melakukan atau memilih tempat Prakerin di PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang.


1.2  Tujuan
              Tujuan Prakerin di PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang adalah :
         a.  Agar dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan yaitu di PT.PLN    (Persero) Area Sumedang dan melatih kemandirian.
b. Ingin memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja secara langsung yang tidak di dapatkan dari sekolah yaitu di PT.PLN (Persero) Area Sumedang.
c. Prakerin di PT.PLN (Persero) Area Sumedang yaitu bertujuan mengetahui proses kegiatan kerja yang ada disana karena diketahui bahwa di PT.PLN sangat serasi dengan Jurusan penulis yaitu RPL di SMK Informatika Sumedang yaitu terdapat pekerjaan dengan dunia komputerisasi dan pusat kearsipannya.
d. Penulis melaksanakan Prakerin di Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang sebagai lanjutan  Prakerin di PT.PLN, yaitu bertujuan mengetahui proses kegiatan kerja yang ada disana, jadi penulis melakukan Prakerin di Yayasan tersebut agar melengkapi proses Prakerin yang hanya satu bulan di PT.PLN.
e.  Dan untuk mengenal dan ikut berpartisipasi sebagai salah satu karyawan di Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang dan juga mencari pengalaman Prakerin di dua tempat.



  1.3 Waktu
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu di PT.PLN (Persero) Area Sumedang bertempat di Jl. Prabu Gajah Agung Sumedang, yaitu pada tanggal 2 – 25 Juli 2014 dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang yang bertempat di Jl. Angkrek Situ Nomor 19, RT 02 RW XIV Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 30 Agustus 2014. Lamanya waktu Prakerin kurang lebih satu bulan di masing-masing tempat.
Adapun kegiatan rutin setiap minggunya adalah :
a.   PT.PLN (Persero) Area Sumedang
1.      Hari senin s/d kamis masuk kerja pukul 08.00 – 14.30 WIB.
2.      Hari jum’at masuk kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB.
3.      Setiap hari senin dan kamis pukul 08.00 hingga selesai yaitu melaksanakan kegiatan COC (Code Of Conduct).
4.      Hari sabtu dan minggu libur.

b.   Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
1.      Hari senin s/d sabtu masuk kerja pukul 09.30 – 16.00 WIB.
2.      Hari minggu libur.
Setelah pelaksanaan Prakerin penulis melaksanakan bimbingan dengan pembimbing Sekolah untuk menyelesaikan Laporan Prakerin selama dua minggu.

BAB II
GAMBARAN UMUM
 TEMPAT PRAKERIN

   2.1 Sejarah Singkat Tempat Prakerin
a. PT.PLN (Persero) Area Sumedang
Perjalanan PT.PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten cukup panjang. Awal kelistrikan di Bumi Parahyangan sudah ada semenjak Pemerintah Kolonial Belanda masih bercokol di tataran tanah Sunda. Di tahun 1905, di Jawa Barat khususnya kota Bandung, berdiri perusahaan yang mengelola penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan publik. Nama perusahaan itu Bandungsche Electriciteit Maatschaappij (BEM).
Dalam perjalanannya, BEM pada tanggal 1 Januari 1920 berubah menjadi Perusahaan Perseroan menjadi Gemeenschapplijk Electriciteit Bedrijf Voor Bandoeng (GEBEO) yang pendiriannya dikukuhkan melalui akte notaris Mr. Andriaan Hendrik Van Ophuisen dengan Nomor: 213 pada tanggal 31 Desember 1949.
Setelah kekuasaan penjajahan beralih ke tangan Pemerintah Jepang, di antara rentah waktu 1942 - 1945, pendistribusian tenaga listrik dilaksanakan oleh Djawa Denki Djigyo Sha Bandoeng Shi Sha dengan wilayah kerja di seluruh Pulau Jawa.
Setelah Indonesia merdeka, tahun 1957 menjadi awal penguasaan pengelolaan penyediaan tenaga listrik di seluruh tanah air yang ditangani langsung oleh Pemerintah Indonesia. 27 Desember 1957, GEBEO diambil alih oleh Pemerintah Indonesia yang kemudian dikukuhkan lewat Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 1958 j.o. Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1959.
Selanjutnya, di tahun 1961 melalui Peraturan Pemerintah No. 67 dibentuk Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN) sebagai wadah kesatuan pimpinan PLN. Sejalan dengan itu, PLN Bandung pun berubah menjadi PLN Exploitasi XI sebagai kesatuan BPU-PLN di Jawa Barat, di luar DKI Jaya dan Tangerang.
Pada tahun 1970-an dikeluarkan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1972 tentang Perusahaan Umum Listrik Negara yang menyebutkan status PLN menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara. Kemudian, berdasarkan Pengumuman PLN Exploitasi XI No. 05/DIII/Sek/1975 tanggal 14 Juli 1975, PLN Exploitasi XI diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat.
Memasuki era 1990-an, dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 Tahun 1994 pada tanggal 16 Juni 1994, Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat diubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dengan nama PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sejak tanggal 30 Juli 1994.
Untuk memenuhi tuntutan perubahan dan perkembangan kelistrikan yang dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan, maka keluarlah Keputusan Direksi PT.PLN (Persero) No. 28.K/010/DIR/2001 tanggal 20 Februari 2001 yang menjadi landasan hukum perubahan nama PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat menjadi PT.PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat.
Pada akhirnya, dengan mengacu pada Keputusan Direksi PT.PLN (Persero) No. 120.K/010/DIR/2002 tanggal 27 Agustus 2002, PT.PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat berubah lagi namanya menjadi PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, di mana wilayah kerjanya meliputi Propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten, hingga saat ini.
b. Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang didirikan  tanggal 17 Mei 1982 dengan Akte Notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. Nomor:  24 tanggal 17 Mei 1982 dan diperbaharui dengan Akte Notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. Nomor:  15 tanggal 25 Februari 2005. Kemudian terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-4936.01.04.Tahun 2010, tanggal 10 Desember 2010.
2.2  Visi, Misi dan Motto Tempat Prakerin
    a. PT.PLN (Persero) Area Sumedang
1). Visi
Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang bertumbuh-kembang, unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani.
Penjabaran :
§   Diakui
Mencerminkan cita-cita untuk meraih pengakuan dari pihak luar yang menunjukkan bahwa PLN pantas dipandang sebagai Perusahaan Kelas Dunia.
§  Kelas Dunia
a.    Menunjukkan kinerja yang melebihi ekspektasi pihak-pihak yang berkepentingan.
b.   Memberikan layanan yang mudah, terpadu, dan tuntas dalam berbagai masalah kelistrikan.
c.    Menjalin hubungan kemitraan yang akrab dan setara dengan pelanggan serta mitra usaha Nasional dan Internasional.
d.   Bekerja dengan pola pikir prima (Mindset of Excellence).
e.    Diakui oleh pelanggan dan mitra kerja sebagai perusahaan yang mampu memenuhi standar mutakhir dan paling baik.


§  Bertumbuh-kembang
a.    Antisipatif terhadap perkembangan lingkungan usaha dan selalu siap menghadapi berbagai tantangan.
b.   Secara konsisten menunjukkan kinerja yang lebih baik.
§  Unggul
a.    Menjadi yang terbaik dalam bisnis kelistrikan dan memenuhi tolok ukur mutakhir dan terbaik.
b.   Memposisikan diri sebagai Perusahaan yang terkemuka dalam percaturan bisnis kelistrikan dunia.
c.    Mengelola usaha dengan mengedepankan pemberdayaan potensi insani secara maksimal.
d.   Meningkatkan kualitas proses, sistem, produk, dan pelayanan secara berkesinambungan.
§  Terpercaya
a.    Memegang teguh etika bisnis yang tertinggi.
b.   Menghasilkan kinerja terbaik secara konsisten.
c.    Menjadi Perusahaan pilihan.
§  Potensi Insani
a.    Keberhasilan perusahaan lebih ditentukan oleh kesadaran anggota perusahaan untuk memunculkan seluruh potensi mereka dalam wujud wawasan aspiratif dan etikal, rasa kompeten, motivasi kerja, semangat belajar inovatif dan semangat bekerja sama.
b.   Potensi insani diperkaya dengan kompetensi yang terbentuk dari pengetahuan substantial, pengetahuan kontekstual, keterampilan, kemampuan, pengalaman, dan jenjang kerja sama.
Konsekuensi Visi terhadap strategi korporat :
a.       Mewujudkan kinerja Perusahaan dengan kualitas setaraf kelas dunia dalam usaha bisnis kelistrikan.
b.      Berfokus pada peningkatan kualitas proses secara terus-menerus untuk memperoleh hasil yang maksimal.
c.       Membangun lingkungan kerja yang memungkinkan anggota perusahaan mentransformasikan potensi mereka menjadi kinerja Perusahaan yang dihargai tinggi.
2). Misi
§  Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
Konsekuensi terhadap strategi korporat :
1.      Mencari dan memanfaatkan peluang usaha secara berkesinambungan di bidang bisnis kelistrikan dan usaha lain yang terkait.
2.      Mengembangkan budaya pelayanan.
3.      Menerapkan prinsip-prinsip penyelenggaraan perusahaan yang baik (good corporate governance).
4.      Anggota Perusahaan perlu menyadari bahwa bisnis kelistrikan adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
5.      Berusaha secara konsisten untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kelistrikan.
§  Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Konsekuensi terhadap strategi korporat :
1.      Mengembangkan dan menjalankan bisnis kelistrikan sesuai dengan harapan dan aspirasi masyarakat.
2.      Mengembangkan usaha kelistrikan yang selaras dengan kebutuhan pertumbuhan ekonomi di pasar yang kompetitif.
§  Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
Konsekuensi terhadap strategi korporat :
1.      Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan produktif.
2.      Memacu pemanfaatan energi listrik secara tepat guna dan memberikan nilai tambah bagi sektor ekonomi.
3.      Menjadi pelopor dalam membangun masyarakat yang sadar dan cinta lingkungan.
§  Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Konsekuensi terhadap strategi korporat :
1.      Membangun dan mengoperasikan fasilitas kelistrikan yang akrab dengan lingkungan alam dan lingkungan sosial.
2.      Menjaga dan memelihara semua fasilitas kelistrikan sehingga tidak mencemari lingkungan.
3). Motto
Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik (Electricity for a Better Life).

b. Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
1). Visi
Menciptakan Bangsa yang maju, cerdas, terdidik dan sejahtera melalui Pendidikan yang berkualitas.

2). Misi
Mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas, terampil, mandiri, kreatif dan inovatif guna menciptakansumber daya manusia yang handal dan berkulitas dengan tetap berpegang teguh pada iman dan taqwa.









2.3 Struktur Organisasi
      a. PT.PLN (Persero) Area Sumedang
Manager Area
    Ahli Kinerja
DEDE W.IRAWAN
DEDEN S
CHARDAWAN
ZUBAIDAH
 







MEMET S
                                                                                                    

    Asisten Manajer Perencanaan &
     Evaluasi
        Asisten
        Manajer
      Jaringan
      Asisten Manajer Kontruksi
      Asisten Manajer Transaksi Energi Listrik
      Asisten
      Manajer
       Pelayanan
        &           Administrasi
AGUS TASYA
SETIAWAN
DADAN RUMDAN

MUJIANTO
ENA SUWARNA
  Supervisor
    Transaksi
     Energi
     Listrik
Supervisor
Operasi
Supervisor     Pelayanan
Pelanggan
 






                                           
Supervisor
    Pengendalian
   Susut

Supervisor     Administrasi
Umum
Supervisor   pemeliharaan
                                                                                                                                





Supervisor     pemeliharaan
Meter
Transaksi
Supervisor     PDKB
                                                                                            
  

       b. Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
Pembina
 

H.KOSAM ERAWAN
H.OTOY SUTARMAN, DRS. M.Pd
H.SUTANDI, Drs. M.M


IDRIS Drs. M.Si
H.TR. DJAKARIA
Pengawas
 


KARYAWAN
SEKRETASIS
       H. ACHYAR EFFENDI, Drs., M.Pd
     BENDAHARA/WAKIL
H. YUYUN HIDAYAT, Drs
  H. DEDY SURYANA, S.IP.,M.M

ARSIP
      & EKSPEDISI
   ADE GUSTIAN

ADMINISTRASI
KEUANGAN
HENDI JUHENDI
         ADE HERLIANI, S.Pdi
   ADE KUSWIANTO
         UDI MAHFUDI

URUSAN
UMUM
            ALEX YASIN SOBARI, S.Pd

ADMINISTRASI
 AKADEMIK
       ARDI HIDAYAT, S.E
   
    

DR. H. HOLIDIN, M.M
HJ. IMAS PERMASIH, Sos, M.Si

Ketua Pengurus / Wakil
 

 Note: saran saya struktur organisasi pake tabel

                                                                               BAB III
URAIAN KEGIATAN PRAKERIN

3.1  Uraian Kegiatan
Seluruh siswa yang mengikuti Prakerin harus melaksanakan segala kegiatan kantor yang dalam pelaksanaannya dibutuhkan ketelitian, keterampilan dari siswa itu sendiri, agar pelaksanaan Prakerin dapat terselesaikan dengan lancar dan baik yakni di PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang.
a.  PT.PLN (Persero) Area Sumedang
Kegiatan yang dilakukan Penulis selama Prakerin di PT.PLN (Persero) Area Sumedang adalah :
1. Pengenalan Lingkungan Kerja
Adalah hal yang pertama dilakukan penulis pada saat Praktik Kerja Industri di PT.PLN (Persero) Area Sumedang, yaitu pengenalan lingkungan dan pembagian tempat/ruangan pekerjaan oleh pembimbing Perusahaan (pembagian kelompok kerja).
2. COC (Code Of Conduct)
COC adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh PT.PLN (Persero) Area Sumedang, yang dilakukan pada hari senin dan kamis di lapangan area luar perusahaan. COC biasanya mencakup berbagai informasi antar pegawai dan contoh perilaku untuk pegawai.
3. Bidang Perencanaan adalah  karyawan perencana, pengembangan dan    pembenahan Sistem kelistrikan.
Pekerjaan yang di lakukan penulis di bidang Perencanaan yaitu:
a) Tutorial penggunaan aplikasi SAPA (Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip) dan mencoba input arsip pada SAPA tersebut, men-scan, mencari arsip kemudian dicopy, mencari  dokumen untuk diarsip di SAPA.
b).  Pemeliharaan salah satu Hardware CPU yang rusak.
c).   Mengetik surat keluar & lalu menge-print.
d). Instal aplikasi (google chrome, java, winRar, netframe, Adobe Reader, Team viewer, dll di komputer yang baru di instal ulang).
4. Bidang Distribusi adalah karyawan di bidang pendistribusian tenaga listrik.
                  Pekerjaan yang di lakukan penulis di bidang Distribusi yaitu :
                  a).  Memasang & setting jaringan LAN.
       5. Bidang Logistik adalah serangkaian kegiatan dalam perencanaan,   pengorganisasian dan pengawasan atas kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan stock.
Pekerjaan yang di lakukan penulis di bidang Logistik ini yaitu :
a).  Mengetik data persediaan barang di Microsoft Word 2007.
6). Bidang Transaksi Energi adalah  karyawan energi kelistrikan dan pelayanan pelanggan listrik.
Pekerjaan yang di lakukan penulis di bidang ini yaitu :
a). Instal aplikasi corelDraw x4, meng-export 74 halaman ke format JPG, men-design kata-kata motivasi.
b).  Design dan memodifikasi web css.
c).  Menyalin database oracle.
d). Memodifikasi struktur data Mysql data KWH pelanggan listrik.
e). Input data pelanggan listrik di Microsoft Excel 2007.

b.      Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
Kegiatan yang dilakukan Penulis selama Prakerin di Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang adalah :
1). Bidang Administrasi akademik adalah unsur pembantu pimpinan di bidang Akademik, kemahasiswaan yang bertanggungjawab kepada pimpinan di Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang.
Pekerjaan yang di lakukan penulis di bidang Akademik yaitu :
a). Mendisposisikan surat masuk dan surat keluar ke agenda surat masuk dan keluar.
b). Mengetik surat keluar di Microsoft Word 2007, penomoran, diarsip dan diekspedisikan kemudian disebarkan.
c). Membuat program Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar  yang dimulai dengan membuat sebuah  database di Microsoft Acces 2007 kemudian dibuatkan koneksi, tampilan layout di Visual Basic 6.0 dan dijadikan setup-nya.

3.2  Permasalahan
     Dalam pelaksanaan Prakerin tentunya penulis mendapatkan sebuah permasalahan saat melakukan pekerjaan di PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang, yaitu :
a.  PT.PLN (Persero) Area Sumedang
1).  Saat Mencetak pada sebuah mesin print ada kalanya cetakan hasil   print   tidak bagus yang artinya gagal dan tulisan hilang sebagian.
2). Saat pengarsipan pada Aplikasi SAPA (Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip) terjadi error pada saat hasil scan arsip akan di input ada keterangan berkas sudah ada.

b.  Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
1).   Saat mencetak surat keluar pada printer terjadi kesalahan yaitu lampu indikator (lampu resume) menyala merah terus-menerus dan cartridge kembali ke tempatnya, tak bergeming yang akhirnya hasil cetakan tidak keluar. Penulis Mengecek kondisi tinta, terdeteksi semua dan tidak ada yang minta ganti. Dicoba dengan mengklik prosedur penggantian cartridge, proses bisa berjalan namun printer menyatakan cartridge incompatible.




3.3  Pemecahan Masalah
a.   PT.PLN (Persero) Area Sumedang
       Pemecahan masalah point satu yaitu :
1). Membuka tempat tinta yang berada pada mesin printer dan  membersikannya dengan tisyu yang diberi air hangat dengan cara digosokan ke sela tempat tinta yang bocor.
2).   Mematikan ulang mesin printer setelah dilakukan pembersihan dan di   print kembali hasilnya menjadi bagus.
Pemecahan masalah point dua yaitu :
1).  Mengecek arsip hasil scan yang sudah ada di aplikasi SAPA dengan melihat namanya dan ternyata memang nama scan yang akan diarsip ke SAPA tersebut sama dengan hasil scan yang sudah ada, dan kemudian dirubah namanya agar bisa diarsip.

b.   Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
Pemecahan masalahnya yaitu :
1).  Ternyata permasalahannya pada cartridge, dan  ternyata penutup switch pada cartridge beramasalah. Setelah swicth cartridge diperbaiki printer normal kembali.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
Kegiatan Praktik Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja, dari PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang penulis dapat menarik kesimpulan, yaitu :
a.       Penulis dapat mengenal dan mengetahui dunia luar yaitu dunia kerja di PT.PLN (Persero) Area Sumedang dalam dunia usaha  secara langsung menjadi bagian karyawan disana dengan kemandirian dan kedisiplinan yang cukup baik.
b.      Selama penulis melaksanakan Prakerin (Praktik Kerja Industri) di PT.PLN (Persero) Area Sumedang khususnya di pusat kearsipannya dan komputerisasinya, penulis merasa bangga bisa mendapatkan ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
c.    Prakerin (Praktik Kerja Industri) di Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang sebagai tempat Prakerin lanjutan dari PT.PLN, bahwa Praktik Kerja Industri di YPSA bidang Administrasi Akademik penulis menjadi mengetahui kegiatan kerja dan merasakan menjadi karyawan Yayasan yang sebelumnya tidak terpikirkan  bagaimana dan seperti apa, ternyata Yayasan tersebut bergelut dengan Microsoft Word 2007 dalam pembuatan surat menyurat disebuah Yayasan Pendidikan swasta yang besar sehingga penulis mendapat  lebih banyak pengalaman dalam artian mengetik surat dan sebagainya.
d.                      Penulis mendapat pengalaman Prakerin di dua tempat.
Praktek Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada PT.PLN (Persero) Area Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan Prakerin (Praktik Kerja Industri) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.

1.2  Saran
1.            Saran bagi Sekolah :
a). Kepada panitia Prakerin penulis berharap agar lebih memperhatikan aktivitas peserta Prakerin dan memberikan pengarahan rutin minimal 2 minggu satu kali, agar pengawasan terhadap peserta Prakerin lebih terkontrol.
b). Pihak sekolah harus bisa memperhatikan siswa–siswinya apabila  sedang melaksanakan Prakerin.
c). Pihak sekolah harus bisa memberikan pengajaran yang terbaik terutama di pengajaran produktif.

2.      Saran Bagi DU/DI :
a. PT.PLN (Persero) Area Sumedang
a). Kepada bapak dan ibu yang ada di PT.PLN, penulis berharap bapak beserta ibu tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta Prakerin yang akan datang.
b).  Pihak perusahaan harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik.
c).  Bekerja lebih giat dan memastikan agar mejauhi adanya keluhan   pelanggan listrik.

b. Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang
a). Pihak Yayasan harus bisa memaklumi siswa Prakerin yang akan datang apabila terdapat kesalahan dalam melakukan pekerjaan pada saat awal mulai Prakerin.
b). Semoga hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling   bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama.
c). Perlu diadakan suatu hubungan yang baik antara atasan dan bawahan agar tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan secara efisien. Hubungan antara atasan dan bawahan, antara unit-unit kerja yang satu dengan yang lain dalam organisasi dapat terlaksana dengan baik apabila terdapat kerjasama dan saling pengertian yang sebaik-baiknya.



 LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAMPIRAN berisi gambar atau photo2 kegiatan prakerin :)

                                             
         
         







EmoticonEmoticon